• Latest News

    Saturday, July 20, 2013

    Sejarah Internet Di Indonesia

    Sekitar tahun 1990-an jaringan internet di Indonesia mulai ada dengan diperkenalkan dengan nama paguyuban network. seperti halnya group atau komunitas yang solid saling bahu - membahu berkerja sama dan bergotong royong. Sejak tahun 1988, pengguna awal internet di Indonesia memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS).
    Awalnya tahun -1986 -1987 dimulai dari jaringan radio di Indonesia Robby Soebiakto merupakan pioneer di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store dan forward yang mengaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar.
    Diawal tahun 1990 Onno W Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan panggilan YC1DAV/VE3 dengan rekan-rekan radio amatir yang ada di Indonesia dilakukan melalui jaringan radio amatir. dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia dan Kanada terus dilakukan dengan lancar. Robby Soebiakto berhasil membangun gateway amatir satelit di rumahnya di CInere melalui satelit - satelit OSCAR milik radio amatir kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara Indonesia dan Kanada.

    Internet Service Provider  di Indonesia  disekitar tahun 1994 mulai beroperasi di awali berdinya IndoNet yang diprakarsai Sanjaya. Pada waktu itu POS dan TELKOM  belum melirik celah bisnis internet, dan pengguna internet di Indonesia masih jarang yang memakai. Sambungan awal internet dilakukan menggunakan dial up oleh IndoNet. Lokasinya berada di daerah Rawamangun, komplek di Universitas Indonesia, ketika itu ayah Sanjaya adalah Dosen UI.

    Akses awal menggunakan kode teks dengan Shell Account, Browser Lynx dan email client pine pada server AIX. 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. dengan memakai Remote Browser di AS sehingga pemakaian internet di Indonesia dapat menggunakan fasilitas http (Hypertext Transfer Protocol)

    Perkembangan terkini banyak yang memakai internet sebagai fasilitas pengiriman data, maupun bisnis online (E-commerce) ditunjang lagi banyaknya Warnet yang makin menjamur serta fasilitas gadget dan smartphone yang semakin canggih memudahkan untuk mengakses Internet.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 comments:

    1. Sankyu gan !,
      Sangat membantu bwat ngerja'in tugas sekolah

      http://cyber-assassins.blogspot.com/

      ReplyDelete
    2. mantap, buat tugas sekolah .. wkwkwk .. kunbal ya h ...

      ReplyDelete
    3. @Sugi Rachmat Ade Irawanenaknya belajar tanpa batas ya...sampai Mas Ade di Banjarmasin

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Sejarah Internet Di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Arif Kurniawan
    Scroll to Top