• Latest News

    Monday, May 9, 2011

    Pendendam ??


    Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

    Pembaca BlogKOe yang saya setia....saya ingin mengajak perdamaian....




    Sebuah gambaran hidup yang harus direnungi, mengapa banyak yang mempermasalkan bahwa yang sudah haq (benar) itu tetap bernilai benar sebagai patokan, dan bathil (salah) tetaplah salah adanya. kedua hal ini yang  menjadikan manusia harus berfikir mau jadi apakah sebenarnya dirinya.

    Hikayat kali ini saya ambil dari kisah Rosul ketika beliau masih hidup dimuka bumi hingga wafat.
    Dimulai dari sudut pasar...ada seorang nenek yang buta....tetapi dimulutnya selalu mengumbar kata - kata bahwa "Muhammad itu gila...dia penyihir....dia pembohong...dan jangan pernah kalian percaya padanya", padahal nenek tersebut belum pernah bersua dengan sang Rosul, ketika itu Nabi Muhammad berkunjung ke pasar tersebut dan bertemu sang nenek. Alangkah terkejutnya beliau ketika dihadapannya duduk seorang nenek dan ketika beliau dekati terdengar dimulutnya hinaan yang tertuju pada beliau, apa yang beliau lakukan ??






    Beliau ingin mengenal nenek tersebut tetapi tidak memperkenalkan siapa beliau sambil mengambil sebuah kurma dan memberikannya kepada nenek tersebut, setiap hari beliau datangi nenek itu dan tiap hari itu pula beliau mendapat hinaan dari ucapan nenek itu. terkadang rosul menyuapi nenek tersebut.
    hingga akhirnya Rosul wafat.

    Suatu ketika Sayidina abu Bakar As. bertanya kepada istrinya...perihal apakah yang belum aku lakukan yang Rosul lakukan ketika masih hidup, sang istri menjawab disudut pasar ada sorang nenek, Beliau (Rosul) sering berkunjung kesana dan memberikannya kurma. ketika sang kholifah datang kepasar itu...alangkah terkejutnya begitu mendengar umpatan dan hinaan yang dilontarkan dari suara nenek itu. ketika beliau memberikan suapan kurma kepada nenek itu....sang nenek pun merasakan ada perbedaan hingga akhirnya nenek itu bertanya "siapa kamu sepertinya kamu bukan orang yang biasa memberikan aku kurma?"ucap si nenek. sang kholifah Abu Bakar menjawab dan menjelaskan bahwa sebenarnya orang yang setiap harinya memberikan kurma kepadamu adalah orang yang kamu hina yang kamu cela. Dialah Muhammad....!! dan beliau telah wafat.



    Maka seketika itu pula nenek itu menitihkan air mata dan menyesali perbuatannya...dan akhirnya sinenek menjadi muallaf. dari hikayat ini apakah diajarkan untuk menjadi pendendam ?.atau kah kita yang harus belajar menjadi Penyabar ??.

    Semoga ada Hikmahnya...
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pendendam ?? Rating: 5 Reviewed By: Arif Kurniawan
    Scroll to Top