• Latest News

    Wednesday, April 6, 2011

    Chatting

    Chatting merupakan istilah dalam dunia internet dimana dalam saling berinteraksi atau berkomunikasi pada saat bersamaan baik menggunakan media teks maupun audio visual yang kini terkenal baik secara pribadi menggunakan webcame dan headset maupun dengan berbarengan (dalam rapat jarak jauh).

    Dalam istilah chatting pertama kali ada menggunakan aplikasi mIRC yang mempunyai kepanjangan Internet Relay Chatting, media ini digunakan kala itu untuk saling berkomunikasi sesama personal dalam satu chanel yang telah dibangun oleh seorang Founder, dizaman ini pula banyak sekali bermunculan hacker (orang yang ahli dibidang jaringan komputer) dan cracker (orang yang suka menerobos bahkan mampu merusak sistem jaringan komputer), yang masing - masing ini mempunyai karakter sifat berbeda - beda ada yang pelit berbagi ilmu dan ada yang mudah sekali berbagi ilmu.



    Aplikasi kala itu ada 2 :
    Mirc dicipta oleh Khaled Mardam-Bey
    Dahulu server Webnet ( irc.webchat.org port 6667 ) dan banyak lagi server Webnet atau Webchat dan diramaikan ahli - ahli chatters berpindah ke server baru yaitu Dalnet . 
    yang kemudian ada lagi muncul aplikasi yaitu x.chat 


    Kemudian zaman berganti  


    Yahoo Messengger - Yahoo Sebagai web berita dan elektonik mail (e-mail)gratis  membangun search engine dan kini dilengkapi media yang juga dapat digunakan untuk media chatting bahkan mampu berkolaborasi dengan camera web dan audio sehingga memudahkan saat berkomunikasi jarak jauh serta berkirim data.







    Google Talk - Google juga meluncurkan produk yang sama yang dinamai Google talk yang mempunyai kelebihan sama dengan aplikasi yahoo









    Dan kini situs jejaring facebook memanfaatkan media chatting untuk memudahkan penggunanya agar dapat saling berkomunikasi ketika masih dalam posisi online sehingga informasi yang diperoleh realtime pada saat itu juga. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.

    Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook.

    Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

    Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.

    Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.


    Semoga berguna sebagai gambaran anda 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Chatting Rating: 5 Reviewed By: Arif Kurniawan
    Scroll to Top